Tugas
me-review softskill Bahasa Indonesia tentang Surat lamaran kerja &
Wawancara kerja
Pertama saya akan membahas apa itu surat lamaran kerja atau kita sering mendengarnya dengan sebutan Curicullum Vitae.
A.Surat lamaran atau Cv adalah surat yang digunakan untuk melamar di suatu perusahaan yang isinya adalah data riwayat kita seperti contoh = sekolah,pengalaman kerja, dan prestasi yang pernah dicapai.
-Prinsip - prinsip surat lamaran kerja ada 3 yaitu.
1.Daya tarik (Attraction), kemaslah cv kalian sampul surat yang berwarna coklat pakailah sampul surat/map yang berwarna agar pihak perushaan menarik dengan tampilan dari map dan isi dari riwayat kalian, dan sebaiknya sertifikat - sertifikat dan foto dijilid dengan rapi dan biasakan menggunakan bahasa yang sopan,menarik, dan efektif supaya pihak perusahaan tidak sulit membacanya.
2.Perhatian (Attention), kemukakan dalam surat lamaran kerja bagaimana cara anda mendapatkan informasi lowongan kerja dan apa alasan anda ketertarikan anda pada posisi yang kalian inginkan di perusahaan tersebut.Yakinkan sang penerima lamaran kerja bahwa anda memiliki sesuatu yang bermanfaat atau bisa mengubah kualitas perusahaan. Perkenalkan ide-ide yang membuat pembaca antusias untuk memperhatikan tulisan anda.
3.Tindakan (Action), diharapkan penerima lamaran kerja dapat menindak dan memutuskan sesuatu yang anda harapakan.Kemukakan bahwa anda berharap lembaga atau perusahaan dapat memberi kesempatan kepada anda untuk melakukan wawancara kerja.
B.Pengorganisasian Surat Lamaran Kerja
Terdapat tiga bagian utama penulisan surat lamaran, yaitu paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup.
1. Paragraf Pembuka
-Awalilah dengan kualifikasi yang Anda miliki dan yang paling sesuai dengan jabatan yang diinginkan.
-Jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan menguntungkan atau memberi manfaat kepada lembaga.
-Anda juga dapat mengawali surat lamaran kerja dengan menyebut sumber publikasi, misalnya rekan kerja, surat kabar, majalah, radio, televisi, atau internet.
2. Paragraf Isi
-Anda dapat mempromosikan diri Anda pada paragraf isi.
-Perkenalkan diri Anda dan tunjukkan bahwa Anda mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan.
-Untuk memperkuat kualifikasi Anda, nyatakan secara jelas sikap, minat, kualitas, dan aktivitas berbagai pekerjaan, kegiatan yang pernah Anda lakukan, terutama yang
berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
3. Paragraf Penutup
-Anda dapat mengemukakan harapan dan tindakan yang Anda inginkan.
-Beri tahu dengan jelas keinginan Anda untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang disediakan lembaga.
-Berikan alamat jelas, nomor telepon, faksmile, dan e-mail yang Anda miliki,
Pertama saya akan membahas apa itu surat lamaran kerja atau kita sering mendengarnya dengan sebutan Curicullum Vitae.
A.Surat lamaran atau Cv adalah surat yang digunakan untuk melamar di suatu perusahaan yang isinya adalah data riwayat kita seperti contoh = sekolah,pengalaman kerja, dan prestasi yang pernah dicapai.
-Prinsip - prinsip surat lamaran kerja ada 3 yaitu.
1.Daya tarik (Attraction), kemaslah cv kalian sampul surat yang berwarna coklat pakailah sampul surat/map yang berwarna agar pihak perushaan menarik dengan tampilan dari map dan isi dari riwayat kalian, dan sebaiknya sertifikat - sertifikat dan foto dijilid dengan rapi dan biasakan menggunakan bahasa yang sopan,menarik, dan efektif supaya pihak perusahaan tidak sulit membacanya.
2.Perhatian (Attention), kemukakan dalam surat lamaran kerja bagaimana cara anda mendapatkan informasi lowongan kerja dan apa alasan anda ketertarikan anda pada posisi yang kalian inginkan di perusahaan tersebut.Yakinkan sang penerima lamaran kerja bahwa anda memiliki sesuatu yang bermanfaat atau bisa mengubah kualitas perusahaan. Perkenalkan ide-ide yang membuat pembaca antusias untuk memperhatikan tulisan anda.
3.Tindakan (Action), diharapkan penerima lamaran kerja dapat menindak dan memutuskan sesuatu yang anda harapakan.Kemukakan bahwa anda berharap lembaga atau perusahaan dapat memberi kesempatan kepada anda untuk melakukan wawancara kerja.
B.Pengorganisasian Surat Lamaran Kerja
Terdapat tiga bagian utama penulisan surat lamaran, yaitu paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup.
1. Paragraf Pembuka
-Awalilah dengan kualifikasi yang Anda miliki dan yang paling sesuai dengan jabatan yang diinginkan.
-Jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan menguntungkan atau memberi manfaat kepada lembaga.
-Anda juga dapat mengawali surat lamaran kerja dengan menyebut sumber publikasi, misalnya rekan kerja, surat kabar, majalah, radio, televisi, atau internet.
2. Paragraf Isi
-Anda dapat mempromosikan diri Anda pada paragraf isi.
-Perkenalkan diri Anda dan tunjukkan bahwa Anda mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan.
-Untuk memperkuat kualifikasi Anda, nyatakan secara jelas sikap, minat, kualitas, dan aktivitas berbagai pekerjaan, kegiatan yang pernah Anda lakukan, terutama yang
berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
3. Paragraf Penutup
-Anda dapat mengemukakan harapan dan tindakan yang Anda inginkan.
-Beri tahu dengan jelas keinginan Anda untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang disediakan lembaga.
-Berikan alamat jelas, nomor telepon, faksmile, dan e-mail yang Anda miliki,
C.Resume
(Curicullum Vitae)
Dalam pengertiannya, Riwayat hidup adalah catatan singkat tengatang gambaran diri seseorang. Selain berisi data pribadi, gambaran diri itu paling tidak harus di isi keterangan tentang pendidikan atau keahlian dan pengalaman. Dengan data itu riwayat hidup akan memberikan gambaran atau kualifikasi seseorang.
Ada 8 Prinsip dalam Resume yaitu.
1. Resume (CV), merupakan laporan perincian kualifikasi pelamar yang kehadirannya tidak dapat dipisahkan dari surat lamaran kerja.
2.Kemukakan poin-poin penting, dimulai dari tujuan karier, informasi pribadi, pendidikan, penguasaan bahasa asing, prestasi, dan referensi.
3 Perhatikan kerapian, kesederhanaan, keakuratan, dan kejujuran.
4.Gunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele.
5.Isi riwayat hidup dapat dikelompokan dalam empat sampai lima subjudul.
6.Data Pribadi,Yang perlu dicantumkan dalam data pribadi yang terpenting saja. Data pribadi dalam riwayat hidup meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, jati diri (nomor KTP) dan alamat (domisili pada saat melamar).
-Adapun data lain seperti kewarganegaraan, suku bangsa, agama. tinggi dan berat badan pencatumannya supaya di sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jika pencantuman itu berdampak positif baru di cantumkan, tetapi apabila mubazir lebih baik tidka perlu di cantumkan.
7. Pendidikan
Dimulai dari pendidikan terendah sampai pendidikan tertinggi, jika ada pendidikan non formal, dahulukan pendidikan formal tertinggi dahulu.
8.Pengalaman Bekerja,Untuk pelamar yang telah mempunyai pengalaman bekerja dapat menyebutkannya dalam riwayat hidup. Pengalaman tersebut disusun secara chronologis, masing-masing dimulai kapan bekerja ( dari tahun berapa sampai tahun berapa , menjabat sebagai apa, dimana dan mengapa berhenti dari tempat itu ( apabila pelamar berhenti secara baik).
Keterangan Lain.Data yang tidak dapat dimasukan ke dalam subjudul yang sudah ada, dapat dimasukan ke dalam subjudul keterangan lain ini. Data yang masuk ke dalam keterangan laion adalah sesuatu yang tidak diperoleh melalui pendidikan formal. Keterangan yang dicantumkan hendaknya yang ada hubungannya dengan bidang yang dilamar.
Dalam pengertiannya, Riwayat hidup adalah catatan singkat tengatang gambaran diri seseorang. Selain berisi data pribadi, gambaran diri itu paling tidak harus di isi keterangan tentang pendidikan atau keahlian dan pengalaman. Dengan data itu riwayat hidup akan memberikan gambaran atau kualifikasi seseorang.
Ada 8 Prinsip dalam Resume yaitu.
1. Resume (CV), merupakan laporan perincian kualifikasi pelamar yang kehadirannya tidak dapat dipisahkan dari surat lamaran kerja.
2.Kemukakan poin-poin penting, dimulai dari tujuan karier, informasi pribadi, pendidikan, penguasaan bahasa asing, prestasi, dan referensi.
3 Perhatikan kerapian, kesederhanaan, keakuratan, dan kejujuran.
4.Gunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele.
5.Isi riwayat hidup dapat dikelompokan dalam empat sampai lima subjudul.
6.Data Pribadi,Yang perlu dicantumkan dalam data pribadi yang terpenting saja. Data pribadi dalam riwayat hidup meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, jati diri (nomor KTP) dan alamat (domisili pada saat melamar).
-Adapun data lain seperti kewarganegaraan, suku bangsa, agama. tinggi dan berat badan pencatumannya supaya di sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jika pencantuman itu berdampak positif baru di cantumkan, tetapi apabila mubazir lebih baik tidka perlu di cantumkan.
7. Pendidikan
Dimulai dari pendidikan terendah sampai pendidikan tertinggi, jika ada pendidikan non formal, dahulukan pendidikan formal tertinggi dahulu.
8.Pengalaman Bekerja,Untuk pelamar yang telah mempunyai pengalaman bekerja dapat menyebutkannya dalam riwayat hidup. Pengalaman tersebut disusun secara chronologis, masing-masing dimulai kapan bekerja ( dari tahun berapa sampai tahun berapa , menjabat sebagai apa, dimana dan mengapa berhenti dari tempat itu ( apabila pelamar berhenti secara baik).
Keterangan Lain.Data yang tidak dapat dimasukan ke dalam subjudul yang sudah ada, dapat dimasukan ke dalam subjudul keterangan lain ini. Data yang masuk ke dalam keterangan laion adalah sesuatu yang tidak diperoleh melalui pendidikan formal. Keterangan yang dicantumkan hendaknya yang ada hubungannya dengan bidang yang dilamar.
D. Bahasa Wawancara Kerja
Adapun yang perlu kalian perhatikan saat wawancara kerja yaitu cara bahasa kalian bagaimana kalian berbicara ke perusahaan maka kalian perlu persiapkan 3 hal ini untuk melatih diri kalian supaya jika sudah saatnya wawancara kalian sudah siap.
1.Bagian Pembuka
-Datanglah tepat waktu; berpakaian rapi dan sopan; bersikap yakin dan tenang; ketuk pintu sebelum memasuki ruang wawancara, ingat nama pewawancara; dan tersenyumlah.
-Jangan duduk sebelum dipersilahkan, jangan membungkuk atau menundukan kepala, jangan melipat tangan, jangan mengulum permen, jangan membuka pembicaraan, dan jangan tersenyum terus-menerus.
2.Bagian Isi
-Ketika pewawancara mulai memberikan beberapa pertanyaan, jawablah dengan baik. Perhatikan intonasi, volume, dan artikulasi suara.
-Bicaralah dengan jelas, atur nada suara, dan tunjukkan kemampuan diri Anda dengan percaya diri. Dukunglah jawaban-jawaban Anda dengan bahasa tubuh.
-Jangan memotong kalimat pewawancara, jangan emosional, jangan memberikan informasi yang tidak relevan, jangan mengkritik, jangan membuka rahasia perusahaan, dan jangan membual.
3.Bagian Penutup
-Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu yang telah disediakan pewawancara untuk Anda.
-Akhiri dengan pernyataan berupa harapan untuk memperoleh keputusan sesegera mungkin.
Dan yang terakhir kalian sudah siap dengan pertanyaan yang nantinya perusahaan akan tanyakan ke anda jangan sampai kalian bingung nanti saat pihak perusahaan menanyakan pertanyaan ke anda maka kalian perlu latihan untuk membiasakan diri kalian nanti saat tiba pertanyaan ditujukan ke kalian , berikut contoh dari pertanyaan yang bisa kalian coba latih sendiri.
1.Siapakah diri Anda? Silakan memperkenalkan diri Anda!
2.Mengapa Anda tertarik bergabung dengan perusahaan ini?
3.Mengapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan saat ini?
4.Ceritakan pengalaman Anda di perusahaan / organisasi!
5.Bagaimana cara mengatasi situasi sulit yang pernah Anda hadapi di perusahaan sebelumnya?
6.Apakah kelebihan dan kekurangan Anda?
7.Bila Anda menghadapi masalah dengan bawahan/rekan kerja yang sulit diatur, bagaimana sikap anda untuk menghadapinya?
8.Apa harapan Anda pada lima tahun yang akan datang tentang pekerjaan, jabatan dan penghasilan.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang review dari materi softskill bhs indo tentang surat lamaran dan wawancara kerja sekian dan terima kasih.
Berikut Contoh CV dari saya.
Adapun yang perlu kalian perhatikan saat wawancara kerja yaitu cara bahasa kalian bagaimana kalian berbicara ke perusahaan maka kalian perlu persiapkan 3 hal ini untuk melatih diri kalian supaya jika sudah saatnya wawancara kalian sudah siap.
1.Bagian Pembuka
-Datanglah tepat waktu; berpakaian rapi dan sopan; bersikap yakin dan tenang; ketuk pintu sebelum memasuki ruang wawancara, ingat nama pewawancara; dan tersenyumlah.
-Jangan duduk sebelum dipersilahkan, jangan membungkuk atau menundukan kepala, jangan melipat tangan, jangan mengulum permen, jangan membuka pembicaraan, dan jangan tersenyum terus-menerus.
2.Bagian Isi
-Ketika pewawancara mulai memberikan beberapa pertanyaan, jawablah dengan baik. Perhatikan intonasi, volume, dan artikulasi suara.
-Bicaralah dengan jelas, atur nada suara, dan tunjukkan kemampuan diri Anda dengan percaya diri. Dukunglah jawaban-jawaban Anda dengan bahasa tubuh.
-Jangan memotong kalimat pewawancara, jangan emosional, jangan memberikan informasi yang tidak relevan, jangan mengkritik, jangan membuka rahasia perusahaan, dan jangan membual.
3.Bagian Penutup
-Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu yang telah disediakan pewawancara untuk Anda.
-Akhiri dengan pernyataan berupa harapan untuk memperoleh keputusan sesegera mungkin.
Dan yang terakhir kalian sudah siap dengan pertanyaan yang nantinya perusahaan akan tanyakan ke anda jangan sampai kalian bingung nanti saat pihak perusahaan menanyakan pertanyaan ke anda maka kalian perlu latihan untuk membiasakan diri kalian nanti saat tiba pertanyaan ditujukan ke kalian , berikut contoh dari pertanyaan yang bisa kalian coba latih sendiri.
1.Siapakah diri Anda? Silakan memperkenalkan diri Anda!
2.Mengapa Anda tertarik bergabung dengan perusahaan ini?
3.Mengapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan saat ini?
4.Ceritakan pengalaman Anda di perusahaan / organisasi!
5.Bagaimana cara mengatasi situasi sulit yang pernah Anda hadapi di perusahaan sebelumnya?
6.Apakah kelebihan dan kekurangan Anda?
7.Bila Anda menghadapi masalah dengan bawahan/rekan kerja yang sulit diatur, bagaimana sikap anda untuk menghadapinya?
8.Apa harapan Anda pada lima tahun yang akan datang tentang pekerjaan, jabatan dan penghasilan.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang review dari materi softskill bhs indo tentang surat lamaran dan wawancara kerja sekian dan terima kasih.
Berikut Contoh CV dari saya.
0 comments:
Post a Comment